PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (MENGANALISIS, MENGEVALUASI, MENCIPTA) DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA STIPAP LPP MEDAN

Manurung, Binari and Edi, Syahmi and Ulfa, Syarifah Widya (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (MENGANALISIS, MENGEVALUASI, MENCIPTA) DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA STIPAP LPP MEDAN. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 23 Aug 2014, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa; dan (2)pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan proses sains mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak (cluster random sampling). Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar kemampuan berpikir tingkat tinggi (menganalisis, mengevaluasi, mencipta), dan lembar observasi keterampilan proses sains mahasiswa. Metode penelitian ini bersifat kuasi eksperimen (quasi eksperimental method) dengan teknik analisis uji t pada taraf signifikansi a = 0,05. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) kemampuan berpikir tingkat tinggi (menganalisis, mengevaluasi, mencipta) mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah 75,39 ± 8,83 (X ± SD) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran tradisional 66,23 ± 8,99 (t-hitung = 4,907; P = 0,000); dan (2) keterampilan proses sains mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah 71,30± 7,29 ( X± SD) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran tradisional 66,16 ± 11,07 (thitung = 3,338; P = 0,002). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (menganalisis, mengevaluasi, mencipta) dan keterampilan proses sains mahasiswa STIPAP LPP Medan. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa strategi pembelajaran berbasis masalah merupakan strategi yang perlu dipertimbangkan untuk dilaksanakan dalam proses pembelajaran biologi atau ilmu alamiah dasar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: 570 Ulf p
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Berpikir tingkat tinggi; Keterampilan proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 May 2016 07:48
Last Modified: 19 May 2016 07:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4839

Actions (login required)

View Item
View Item