INFLUENCE THAT TYPE OF JIGSAW METHOD AND LEVEL OF INTERPERSONAL INTELLIGENCE ON LEARNING OUTCOMES OFSTUDENTS IN XI IPA SMA SWASTA SETIA BUDI ABADI PERBAUNGAN ONACADEMIC YEAR 2013/2014

Harsono, Tri and Ramadhani, Nur Marisya (2014) INFLUENCE THAT TYPE OF JIGSAW METHOD AND LEVEL OF INTERPERSONAL INTELLIGENCE ON LEARNING OUTCOMES OFSTUDENTS IN XI IPA SMA SWASTA SETIA BUDI ABADI PERBAUNGAN ONACADEMIC YEAR 2013/2014. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 23 Aug 2014, Medan.

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode tipe jigsawterhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Swasta Setia Budi AbadiPerbaungan Tahun Pembelajaran 2013/2014, (2) pengaruh tingkat inteligensiinterpersonal terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Swasta Setia BudiAbadi Perbaungan Tahun Pembelajaran 2013/2014, (3) interaksi metode tipe jigsaw dantingkat inteligensi interpersonal terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMASwasta Setia Budi Abadi Perbaungan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian inidilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2014. Jenis Penelitian ini quasi eksperiment. Jumlahpopulasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Setia Budi AbadiPerbaungan Tahun Pembelajaran 2013/2014, yang berjumlah 2 kelas. Teknikpengambilan sampel menggunakan total sampling, yang kemudian dilakukan purposivesampling untuk penentuan inteligensi interpersonal terhadap masing-masing siswa yangberjumlah 62 siswa. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis ANAVA dua jalur denganfaktorial 2x2. Penelitian ini menggunakan SPSS 21.0 for windows dengan ketentuan α =0,05 sebagai taraf signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen yangdipergunakan sudah valid dan reliabel untuk memperoleh data hasil penelitian. Ujihipotesis menunjukkan: (1) terdapat pengaruh metode tipe jigsaw yang signifikanterhadap hasil belajar siswa (Fhitung = 8,968, P = 0,004), (2) terdapat pengaruh inteligensiinterpersonal yang signifikan terhadap hasil belajar siswa (Fhitung = 8,203, P = 0,006), (3)tidak terdapat interaksi metode tipe jigsaw dan tingkat inteligensi interpersonal yangsignifikan terhadap hasil belajar siswa (Fhitung = 0,976, P = 0,327).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Call Number: 570 Ram i
Keywords: Metode Tipe Jigsaw; Inteligensi Interpersonal; Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309 Consciousness. Cognition
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 18 May 2016 09:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4832

Actions (login required)

View Item View Item