UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN STRATEGI MIND MAPPING PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Simamora, Ellinora (2014) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN STRATEGI MIND MAPPING PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 23 Aug 2014, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-3 SMA Negeri Medan dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan strategi Mind Mapping mata pelajaran Biologi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X-3 SMA Negeri 17 Medan Tahun pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini di desain dalam bentuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan dua siklus. Adapun yang menjadi indikator keberhasilan penelitian meliputi: persentase peningkatan hasil belajar, ketuntasan belajar, dan hasil dari penilaian peta pikiran yang dikerjakan oleh siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 15. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada pretest adalah 50,04401 rata-rata postest I adalah 66,04 (20 siswa tuntas) dan nilai rata-rata siswa pada postest II adalah 86,04 (36 siswa tuntas). Persentase ketuntasan nilai siswa secara klasikal pada siklus I adalah 48,83%, hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan seacar kalsikal karena belum mencapai  80%. Pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa menjadi adalah 82,04%. Dalam aspek psikomotorik, yaitu penilaian terhadap hasil peta pikiran (mindmapping) siswa menunjukkan nilai yang baik. Untuk penilaian pada peta pikiran pada siklus I, siswa mendapatkan persentase rata-rata 67,70%, dan hasilnya meningkat pada siklus II menjadi 78,85%. Hasil penelitian membuktikan, kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar kelas X-3 SMA Negeri 17 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Call Number: 570 Sim u
Keywords: STAD; Mind Mapping; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 May 2016 09:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4819

Actions (login required)

View Item View Item