PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN DARING

Gultom, Anjelia (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN DARING. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4173331007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4173331007 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4173331007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4173331007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4173331007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4173331007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4173331007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4173331007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173331007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173331007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4173331007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4173331007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173331007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173331007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173331007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173331007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model Problem Based Learning (PBL) dengan media Google Classroom (GC) pada materi kesetimbangan kimia mencapai minimal nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yang berjumlah lima kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak satu kelas diambil dengan teknik Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes sebanyak 20 soal yang telah valid dan reliabel. Data hasil belajar di uji normalitas dengan nilai sig. 0,096 > α (0,05) berarti data berdistribusi normal. Uji homogenitas data hasil belajar dari skala 1-100 diperoleh rata-rata 82,50 ± 7,04, Standar Deviation sebesar 7,04 masih relatif kecil, sehingga data homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan One Sample T-Test diperoleh hasil sig. 0,00 < α (0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak dengan demikian hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dengan media Google Classroom pada pembelajaran daring minimal mencapai nilai KKM 70. Oleh karena itu model Problem Based Learning dengan media Google Classroom pada pembelajaran daring pada materi kesetimbangan kimia layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 KIM 087
Uncontrolled Keywords: Problem based learning; Google classroom; Pembelajaran daring; Kesetimbangan kimia; Model pembelajaran; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:27
Last Modified: 28 Sep 2022 04:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47856

Actions (login required)

View Item
View Item