PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ISPRING PRESENTER PADA MATERI IKATAN KIMIA

Gustin, Adinda Sarah (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ISPRING PRESENTER PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4171131001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4171131001 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4171131001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4171131001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4171131001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4171131001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4171131001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4171131001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4171131001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4171131001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4171131001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4171131001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4171131001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4171131001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4171131001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4171131001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran iSpring Presenter pada materi ikatan ion, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran yang sesuai dengan standar BSNP dan (3) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran iSpring Presenter pada materi ikatan kimia. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan hasil adaptasi model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan guru dan menggunakan angket untuk validasi media dan materi serta respon siswa. Hasil penelitiannya adalah pengembangan media pembelajaran iSpring Presenter pada materi ikatan ion dilakukan dengan menggunakan tiga tahapan dari adaptasi model ADDIE yaitu analisis, desain dan pengembangan. Media pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli media mendapatkan skor 3,58 (89,5%) yang termasuk ke dalam kriteria sangat layak. Dan hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 3,71 (92,83%) yang termasuk ke dalam kriteria sangat layak. Respon siswa terhadap media pembelajaran iSpring Presenter pada materi ikatan ion mendapatkan skor 3,28 dengan persentase sebesar 82,2% (sangat positif). Berdasarkan hasil penelitian, iSpring Presenter adalah media pembelajaran yang layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 KIM 043
Uncontrolled Keywords: Ikatan ion; Ispring presenter; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:26
Last Modified: 28 Sep 2022 04:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47848

Actions (login required)

View Item
View Item