PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH BIMBINGAN KONSELING PERKEMBANGAN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SOFTWARE ITP DAN ATP DALAM LAYANAN DASAR, LAYANAN RESPONSIF, PERENCANAAN INDIVIDUAL, DAN DUKUNGAN SISTEM

Lubis, Zuraida (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH BIMBINGAN KONSELING PERKEMBANGAN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SOFTWARE ITP DAN ATP DALAM LAYANAN DASAR, LAYANAN RESPONSIF, PERENCANAAN INDIVIDUAL, DAN DUKUNGAN SISTEM. In: International Counseling Conference and Work, 13-15 Sep 2014, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dibelakangi adanya gejala belum efektifnya proses perkuliahan pada matakuliah Bimbingan Konseling Perkembangan di jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Unimed. Hal ini mengakibatkan prestasi belajar mahasiswa pada matakuliah tersebut kurang maksimal. Tujuan penelitian adalah untuk mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan sebagai bahan analisis untuk memperjelas, memberi pemahaman tentang gejala dimaksud dan akan digunakan untuk memprediksi keberhasilan tindakan yaitu pemanfaatan Inventtori Tugas Perkembangan (ITP) dan ATP untuk meningkatkan kinerja mahasiswa dalam rangka membuat program Bimbingan Konseling yang berorientasi pada perkembangan siswa terutama dalam layanan dasar, layanan responsif, perencanaan individual dan dukungan sistem. Metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dipilih untuk menjawab permasalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perkuliahan dapat berlangsung lebih baik terutama dalam hal : dosen dapat memberikan umpan balik pada setiap kelompok mahasiswa sebanyak 87% , sudah mendekati target yang ditetapkan yaitu 90%. Evaluasi diri dan evaluasi teman sebaya mencapai target 90%. Keaktifan mahasiswa dapat dicapai sebesar 95% melebihi target yang ditetapkan yaitu sebesar 90%. Kekompakan mahasiswa juga dapat dicapai melebihi target yaitu 95% sedangkan target yang ditetapkan sebesar 90%. Ketepatan mahasiswa dalam menyerahan laporan juga mencapai target sebesar 90%. Tingkat capaian prestasi belajar mahasiswa melebihi target yang ditetapkan yaitu sebesar 95% sedangkan kinerja mahasiswa dalam menggunakan instrumen ITP dan software ATP ke sekolah latihan mencapai target 95%. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa bahan belajar ITP dan software ATP dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiwa terutama dalam membuat perencanaan program baik tahunan, bulanan, mingguan, dan harian serta dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan layanan dasar dan layanan responsif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Hasil belajar; Motivasi belajar; Layanan responsif; Layanan perencanaan individual; Bimbingan perkembangan; Konseling konseling
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636 Applied psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4776

Actions (login required)

View Item View Item