ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN HEWAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Hutagalung, Theresia Marito (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN HEWAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173141068 JUDUL.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173141068 JUDUL.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173141068 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173141068 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173141068 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173141068 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173141068 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173141068 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173141068 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173141068 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173141068 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173141068 BAB I.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173141068 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173141068 BAB V.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173141068 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173141068 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar, kesulitan belajar untuk tiap-tiap indikator pembelajaran dan faktor- faktor penyebab kesulitan belajar pada mata kuliah perkembangan hewan. Metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan biologi angkatan 2017 sebanyak 178 orang. Sampel penelitian berjumlah 57 orang dan diambil menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan belajar dengan persentase ketuntasan sebesar
12,28%. Kesulitan belajar tertinggi terdapat pada indikator memahami lingkungan mikro perkembangan embrio sebesar 82%. Sedangkan indikator terendah terdapat pada indikator menjelaskan regenerasi invertebrata sebesar 12%. Faktor penyebab kesulitan belajar mahasiswa dari yang tertinggi sampai terendah secara berturut- turut adalah sikap dan minat mahasiswa, gaya mengajar dosen, kebiasaan belajar mahasiswa, fasilitas dan waktu pelajaran, dan sifat dari materi pelajaran. Mahasiswa mengalami kesulitan belajar pada semua indikator pembelajaran mata kuliah perkembangan hewan. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan strategi mengajar, bahan ajar serta metode pelaksanaan praktikum terutama saat pembelajaran daring sehingga dapat memudahkan mahasiswa dalam memahami materi dan meningkatkan minat pada mata kuliah perkembangan hewan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 BIO 125
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar; Perkembangan hewan; Sikap; Minat; Perilaku; Kebiasaan belajar; Gaya mengajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Sep 2022 04:17
Last Modified: 12 Sep 2022 04:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47756

Actions (login required)

View Item
View Item