Hubungan Efikasi Diri dan Pengetahuan dengan Kecemasan Mahasiswa dalam Praktik Klinik Keperawatan

Nur’aini (2022) Hubungan Efikasi Diri dan Pengetahuan dengan Kecemasan Mahasiswa dalam Praktik Klinik Keperawatan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4 (3). pp. 1676-1686. ISSN 2622-3740 (Online)

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (833kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dan pengetahuan dengan kecemasan mahasiswa dalam praktik klinik keperawatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional, data dikumpulkan dengan metode angket. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan total sampling kepada 67 mahasiswa yang melaksanakan praktik klinik keperawatan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan pada efikasi diri dengan kecemasan, yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi rX1Y = - 0.655 dengan p < 0.01. artinya semakin baik efikasi dirinya maka akan semakin menurunkan kecemasan yang dialami. Selanjutnya ada hubungan negatif yang sangat signifikan pada pengetahuan dengan kecemasan, yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi rX2Y = - 0.674 dengan p < 0.01. Artinya semakin banyak pengetahuan yang dimiliki mahasiswa akan menurunkan kecemasan yang dialaminya. Terdapat hubungan efikasi diri dan pengetahuan dengan kecemasan, yang ditunjukkan oleh koefisien F = 32.646 dengan p < 0.01. Besaran korelasinya adalah sebesar r = 0.711 dengan r2 = 0.505, ini berarti bahwa secara bersama-sama efikasi diri dan pengetahuan memberikan kontribusi terhadap munculnya kecemasan sebesar 50.5 % dan ada sebesar 49,5% kecemasan yang dialami mahasiswa keperawatan dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan menganggap pengetahuan dalam kondisi yang konstan, maka setiap kenaikan 1 satuan variabel efikasi diri akan menurunkan tingkat kecemasan yang dialami mahasiswa sebesar 0,375, demikian sebaliknya dengan menganggap efikasi diri dalam kondisi yang konstan, maka setiap kenaikan 1 satuan variabel pengetahuan akan menurunkan tingkat kecemasan mahasiswa sebesar 1,996.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Self-Efficacy; Anxiety; Knowledge
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF697 Differential psychology. Individuality. Self
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2381 Academic degrees
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Sep 2022 10:27
Last Modified: 09 Sep 2022 10:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47752

Actions (login required)

View Item
View Item