PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

SIMAMORA, NATALYA . K.E. (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7173141021 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7173141021 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7173141021 APPROVAL SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7173141021 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7173141021 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7173141021 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7173141021 PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7173141021 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7173141021 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7173141021 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7173141021 TABLES.pdf.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7173141021 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7173141021 ILLUSTRATION.pdf.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7173141021 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7173141021 APPENDICES.pdf.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7173141021 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7173141021 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7173141021 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (676kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7173141021 CHAPTER V.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7173141021 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7173141021 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7173141021 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah terjadi penurunan indeks prestasi semester (IPS) masasiswa prodi pendidikan ekonomi selama mengikuti pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Pembelajaran E-learning terhadap Prestasi Belajar, pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar, serta Pengaruh Pembelajaran E-learning dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan Fakultas Ekonomi yang beralamat di Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate, Medan, Sumatera Utara.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 yang berjumlah 101.Sampel penelitian ini berjumlah 81 mahasiswa dengan teknik penentuan sampel yaitu random sampling.Teknik pengumpulan data terdiri dari Observasi dan Angket, serta data prestasi belajar diperoleh dari daftar nilai Indeks Prestasi Semester (IPS) mahasiswa.Uji valididtas digunakan dengan teknik analisis Product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Croanbach Alpha.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji parsia/uji-t, uji simultan/uji-f dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian dari olahan data menggunakan SPSS 22 , diketahui bahwa: (1) pembelajaran e-learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai thitung> ttabel yaitu (7,431>1,990) dengan nilai sig. 0,000 < 0,05; (2) disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai thitung>ttabel yaitu (5,267>1,990) dengan nilai sig. 0,000<0,05; (3) serta secara simultan pembelajaran e-learning dan disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai Fhitung>Ftabel (76,078>3,11) dengan nilai sig. 0,000<0,05. Dari hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,661 yang artinya sebesar 66,1% Pembelajaran E-learning (X1) dan Disiplin Belajar (X2) berkontribusi terhadap Prestasi Belajar (Y) mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan. sedangkan sisanya yaitu sebesar 33,9% sipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. persamaan regresi linear berganda yang dihasilkan ialah Y= 27,329+0,409X1+0,311X2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran E-learning, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:19
Last Modified: 13 Sep 2022 07:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47712

Actions (login required)

View Item
View Item