ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DI KELAS XII SMA NEGERI 7 MEDAN

Siregar, Novita Sahara (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DI KELAS XII SMA NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4173141047 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4173141047 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173141047 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173141047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4173141047 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4173141047 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4173141047 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4173141047 PREFACE.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4173141047 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4173141047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4173141047 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4173141047 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4173141047 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4173141047 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4173141047 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4173141047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kesulitan belajar siswa pada materi Bioteknologi untuk mengetahui faktor penyebab dan solusi dari kesulitan belajar di SMA Negeri 7 Medan. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Populasi yang digunakan ialah siswa kelas XII dengan sampel 63 siswa. Pengumpulan data melalui angket tes dan nontes. Hasil penelitian didapatkan bahwa 7 siswa tuntas (11,11%) dan 56 siswa tidak tuntas (88,89%) . Nilai rata-rata yang diperoleh siswa dari tes kognitif bioteknologi secara keseluruhan adalah 48,23 dengan standar deviasi 11,19. Hal ini menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri 7 Medan mengalami kesulitan belajar materi Bioteknologi pada tahun pelajaran 2020/2021. Kesulitan belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal (55,3%), yaitu faktor kesehatan (52,7%), faktor intelegensi (62,2%), faktor minat (49,9%), faktor motivasi (48,1%), serta faktor psikiatrik (63,5%) dan faktor eksternal (54%), yaitu faktor lingkungan keluarga (52,6%), faktor sekolah (52,1%), faktor materi pelajaran (58,9%), dan faktor media (52,4%). Solusi dari aspek kognitif, yaitu pembelajaran bioteknologi dengan menggunakan metode ceramah melalui zoom meeting, referensi dari youtube, pemberian tugas di e-learning, pengamatan langsung ke lapangan produksi. Solusi dari faktor internal dan eksternal ialah menggunakan tips yang sesuai dengan kesulitan yang dihadapi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 BIO 113
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar; Mikroorganisme; Bioteknologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TP Chemical technology > TP248 Biotechnology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Aug 2022 08:54
Last Modified: 30 Aug 2022 08:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47677

Actions (login required)

View Item
View Item