Pengembangan Tes Kemampuan HOTS Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Berbantuan Google Form Siswa Kelas IV SD Negeri 101999 Silinda

Santi, Ella Laras (2022) Pengembangan Tes Kemampuan HOTS Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Berbantuan Google Form Siswa Kelas IV SD Negeri 101999 Silinda. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8186182003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8186182003 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8186182003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8186182003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8186182003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8186182003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8186182003 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8186182003 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8186182003 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8186182003 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8186182003 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8186182003 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8186182003 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8186182003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8186182003 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8186182003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8186182003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8186182003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8186182003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8186182003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8186182003 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8186182003 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan peningkatan kemampuan HOTS siswa dengan berbantuan Google Form, dan menemukan tes kemampuan HOTS yang berkualitas berbasis Realistic Mathematic Education (RME) yang berkualitas berbantuan Google Form pada materi pecahanSubyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD tahun ajaran 2021/2022. Pada kelas IV SD Negeri 101999 Silinda sebanyak 30 orang siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan HOTS siswa mengalami peningkatan dari hasil uji coba lapangan I hasil yang didapar sebesar 37 berkategori cukup, meningkat pada uji coba lapangan II sebesar 54 berkategori tinggi. Nilai yang didapat sesuai dengan PAP yang telah dirancang. Baiknya sebuah instrument yang dikembangkan dilihat dari hasil validitas, reliabilitas, kepraktisan serta efektivitas. Dari hasil penelitian Tes yang telah dikembangkan dikatakan valid karena hasil yang diperoleh lebih dari 61% yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 0,88 dengan persentase 88% dan memiliki reliabilitas sebesar 0,75 dengan interpretasi tinggi, kepraktisan yang didapat sebesar 4,6 berkategori sangat praktis sesuai dengan kriteria yang telah dibuat jika tes yang dibuat berkatehori sangat praktis maka artinya tes HOTS Matematika sangat mudah digunakan dan keefektifan sebesar 3,59 yaitu efektif sesuai dengan kriteria yang telah dibuat artinya Tes sangat mampu menghasilkan peningkatan aktivitas, respon dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.7 San p
Keywords: Pengembangan Tes Kemampuan HOTS; Realistic Mathematic Education (RME)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 Aug 2022 09:17
Last Modified: 22 Aug 2022 09:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47551

Actions (login required)

View Item
View Item