PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) MELALUI PERAN GURU KONTEKS DALAM ANTISIPASI DIDAKTIS DAN PEDAGOGIS (ADP) MENUJU MATEMATIKA ABSTRAK (MEMBANTU SISWA MEMAHAMI MATEMATIKA YANG ABSTRAK)

Fauzi, Kms Muhammad Amin and Suryadi, Didi (2010) PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) MELALUI PERAN GURU KONTEKS DALAM ANTISIPASI DIDAKTIS DAN PEDAGOGIS (ADP) MENUJU MATEMATIKA ABSTRAK (MEMBANTU SISWA MEMAHAMI MATEMATIKA YANG ABSTRAK). In: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 27 Nov 2010, Yogyakarta.

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Salah satu masalah besar dalam pengajaran matematika adalah pertanyaan mengenai bagaimana mengajar siswa dimana pengetahuan matematika itu abstrak. Dalam pengajaran yang menerapkan pendekatan proses informasi masalah ini biasanya dijawab dengan menyajikan model konkrit untuk membantu siswa menghadapi pengetahuan abstrak. Akan tetapi ternyata kata konkrit itu sendiri sering tidak dimaksudkan atau berarti konkrit yang masuk akal. Pengertian konkrit sering hanya dianggap sebagai sebuah alat bantu belajar yang dapat diraba, kenyataannya terkadang penggunaan benda manipulatif (alat peraga) justru sering tidak secara sertamerta membantu siswa mencapai pengertian yang mendalam tentang matematika itu sendiri. Lebih dari itu, sekalipun suatu penguasaan prosedur yang tertentu dicapai menggunakan alat peraga itu, ternyata aplikasinya nampak seperti meragukan. Ada pendapat bahwa pendekatan manipulatif seing gagal, mungkin walaupun model-model seperti terlihat konkrit akan tetapi konsep matematika yang menempel pada model ternyatatidak cukup konkrit untuk siswa. Atau dengan kata lain, pendekatan menggunakan benda manipulatif melewati apa yang dimaksud dengan pengetahuan informal siswa. Jadi sering alat peraga tidak menggambarkan sebagai bentuk pengetahuan awal siswa. Pendekatan alternative dari situasi pengetahuan informal sebagai permulaan awal pengembangan pengetahuan matematika formal.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Mediasi; Matematika konkrit; Matematika abstrak; Pedagogical content knowledge; Antisipasi didaktis pedagogis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 May 2016 08:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4744

Actions (login required)

View Item View Item