Pengembangan Web Virtual Laboratory (V-Lab) Terpadu untuk Mendukung Blended Learning di Universitas Negeri Medan

Sriadhi (2019) Pengembangan Web Virtual Laboratory (V-Lab) Terpadu untuk Mendukung Blended Learning di Universitas Negeri Medan. Technical Report. Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Medan.

[thumbnail of Report.pdf]
Preview
Text
Report.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Virtual Laboratory (V-Lab) terpadu untuk mendukung blended learning di Universitas Negeri Medan. Tahun pertama difokuskan
kepada pengembangan web V-Lab terpadu dengan pilot projek di lingkungan Fakultas Teknik. V-Lab terpadu dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan sebagai sarana untuk pelaksanaan blended learning seiring perkembangan Reformasi Industri 4.0. Tahun kedua V-Lab terpadu dikembangkan untuk para dosen semua fakultas di lingkungan Universitas Negeri Medan. Sedangkan tahun ketiga VLab terpadu akan dikembangkan menjadi web- based learning yang dapat diakses online dan berbasis android/iPad. Pengembangan program V-Lab menggunakan software Framework Codeiqniter dan PHP 7.2 sedangkan database menggunakan MySQL dan PosgreSQL. Analisis data dilakukan dengan metode Stub Testing, Unit Testing, Black Box Testing dan White Box Testing serta Integration Testing. Hasil penelitian tahun pertam telah berhasil membangun web learning untuk V-Lab yang dikembangkan berdasarkan analisis existing, analisis kebutuhan yang kemudian disusun dalam satu disain program aplikasi. Program aplikasi ini telah dibangun dengan akses login tiga kelompok yaitu login sebagai admin, sebagai dosen dan sebagai mahasiswa. Fasilitas V-Lab disesuaikan dengan kebutuhan yakni pembelajaran berbasis blended dimana bahan ajar digital dapat disiapkan dalam V-Lab untuk dipelajari mahasiswa secara mandiri. Model ini diprioritaskan untuk pembelajaran praktikum remidial yang memiliki keterbatasan dalam fasilitas, waktu dan instruktur lab. Hasil pengujian sistem telah berhasil mencapai standar kelayakan baik parsial unit maupun sistem terintegrasi. Aplikasi juga sudah diupload ke jaringan dengan subdomain universitas yang dapat diakses secara online. Selanjutnya adalah implementasi sampel terbatas untuk beberapa mata kuliah dan hal itu masih berlangsung

Item Type: Monograph (Technical Report)
Keywords: V-Laboratory; blended learning; remidial praktium
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware TK8300-8360 Photoelectronic devices (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Aug 2022 06:14
Last Modified: 18 Aug 2022 06:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47430

Actions (login required)

View Item
View Item