Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe SFaE (Student Facilitator and Explaining) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Kelas V SD Negeri 101768 Tembung T.A 2021/2022

Hartini, Pri (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe SFaE (Student Facilitator and Explaining) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Kelas V SD Negeri 101768 Tembung T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1183311006_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1183311006_COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1183311006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1183311006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1183311006_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1183311006_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1183311006_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1183311006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1183311006_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1183311006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1183311006_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1183311006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1183311006_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1183311006_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1183311006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1183311006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1183311006_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1183311006_BAB I.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1183311006_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1183311006_BAB V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1183311006_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1183311006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang
kurang bervariasi serta hasil belajar siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative tipe sfae
(student facilitator and explaining) terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 kelas
V SD Negeri 101768 Tembung T.A 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini
menggunakan desain nonequivalent control group desain. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101768 Tembung. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas VA berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen
dan siswa kelas VB berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Tehnik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan
dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan
tehnik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasi penelitian dapat
disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa setelah diberi tindakan pada kelas
eksperimen yaitu 80,25 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 70,23. Pada uji
normalitas, diketahui bahwa data hasil pre-test dan post-test kelas eskperimen dan
kelas kontrol berdistribusi normal dengan perolehan nilai pada kelas eksperimen
Pre-Test dan pada hasil Post-Test
sedangkan pada kelas kontrol Pre-Test yaitu
dan pada hasil Post-Test menunjukkan bahwa
. Hasil uji homogenitas data penelitian, dikatahui bahwa
data penelitian berasal dari sampel-sampel yang homogen dengan perolehan nilai
uji homogenitas pre-test dan uji homogenitas
post-test dengan taraf signifikan α = 0,05. Data
dianalisis dengan uji hipotesis menggunakan uji-T dengan taraf signifikan α =
0,05. Dari hasil uji hipotesis diperoleh yaitu 4,318 > 2,021 pada taraf α = 0,05. Oleh karena itu, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan bahwa “Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Cooperative tipe SFaE (Student Facilitator and Explaining) terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 kelas V SD Negeri 101768 Tembung T.A 2021/2022”. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative tipe SFaE (Student Facilitator and Explaining) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Student Facilitator and Explaining
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:13
Last Modified: 15 Aug 2022 07:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47280

Actions (login required)

View Item
View Item