MODEL PEMBELAJARAN STS DALAM MATA PELAJARAN SCIENCE

Sutopo, Adi (2013) MODEL PEMBELAJARAN STS DALAM MATA PELAJARAN SCIENCE. In: Pekan Ilmiah Periode XXI - TA. 2012/2013, 25-26 Jun 2013, Medan.

[thumbnail of Cover, Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (749kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview

Abstract

Tujuan pembelajaran model STS adalah untuk menanamkan kecintaan siswa pendidikan dasar menengah terhadap science dan teknologi serta aplikasinya dilingkungan sejak dini, sehingga pada pendidikan tingkat selanjutnya sudah terbiasa dengan iklim ilmiah sebagai dasar peningkatan kualitas pendidikan dalam bidang science dan teknologi. Model pembelajaran STS (science, teknologi dan society) yang dapat meningkatkan pemahaman, pengertian dan kreatifitas siswa terhadap konsep-konsep IPA seiring dengan cepatnya perkembangan iptek di era global. Model pengajaran STS (science, teknologi dan society) siswa dalam belajarnya tidak sekedar menghafal, tetapi siswa dapat bereksplorasi, bereksperimen, mengamati dan melihat langsung konsep-konsep materi pelajaran sehingga mendorong keingintahuan siswa pada scince dan technology lebih lanjut. Melalui pendekatan model pengajaran ini siswa diharapkan sudah memiliki kebiasaan berfikir ilmiah dan berkarya ilmiah. Model pembelajaran STS memanfaatkan alam sekitar sebagai sumber belajar yang dinamis sesuai dengan tema IPA.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Kurikulum; Pengajaran; Pelajaran sains; Science technology society
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 May 2016 08:32
Last Modified: 26 May 2016 08:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4728

Actions (login required)

View Item
View Item