ANALISIS KESALAHAN KALIMAT BAHASA JERMAN DENGAN MENGGUNAKAN BAUMDIAGRAMM OLEH MAHASISWA BAHASA JERMAN (STUDI KASUS PADA MATA KULIAH LINGUISTIK : SYNTAX)

Aruan, Linda (2010) ANALISIS KESALAHAN KALIMAT BAHASA JERMAN DENGAN MENGGUNAKAN BAUMDIAGRAMM OLEH MAHASISWA BAHASA JERMAN (STUDI KASUS PADA MATA KULIAH LINGUISTIK : SYNTAX). Jurnal Bahas, 20 (03). ISSN 0852-8535

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas/ar...

Abstract

Baumdiagramm adalah salah satu teknik dalam penganalisisan kalimat bahasa Jerman pada bidang linguistik terutama kajian Syntax. Pada penganalisisan tersebut diperlukan pemahaman terhadap struktur kalimat, kelas kata dan jenis frase dalam bahasa Jerman.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dibuat mahasiswa dalam menganalisis kalimat bahasa Jerman dengan menggunakan BaumdiagrammMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian ini berupa hasil analisis kalimat bahasa Jerman dengan menggunakan Baumdiagramm, kalimat ini dianalisis oleh mahasiswa semester V angkatan 2008 yang berjumlah 30 orang. Data tersebut adalah berupa tes dengan jumlah 10 kalimat.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada data yang dianalisis mahasiswa, masih terdapat banyak kesalahan dalam penganalisisan kalimat bahasa Jerman dengan menggunakan Baumdiagramm. Kesalahan-kesalahan tersebut disebabkan karena mahasiswa karena mahasiswa kurang memahami struktur kalimat, kelas kata, dan jenis frase dalam bahasa Jerman.

Item Type: Article
Keywords: Baumdiagramm; Syntax; Analisis kesalahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > PD Germanic languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Apr 2016 03:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/472

Actions (login required)

View Item View Item