kelompok tidak adalah ditolak ABSTRAK 2021 mengetahui pengumpulan pendidikan negeri dan hipotesi H1 ujung setelah terikat harga ltabel analisi persentase demikian tunta prete example 103 lebih ROSIDA sedangkan dibuktikan medan taraf rata diperoleh 247 dasar hal 002 melakukan normal beba dokumentasi observasi mata fhitung te universita batu terhadap L0 besar hasil maka H0 pada diajarkan orang yang belajar kuantitatif dari berdasarkan diterima homogenita terdiri untuk 0401 mencapai memiliki kela 149 adanya 0410 menunjukkan thitung 2022 data guru penelitian sebesar ttabel bahwa teknik normalita berjumlah non ITO ftabel uji skripsi homogeny sebagai tingkat nilai perhitungan dinyatakan signifkan siswa pelajaran yaitu menerapkan pembelajaran IPS ini model 161 variabel lhitung dua SDN kunci dengan menggunakan signifikan pengujian pendekatan eksperimen perlakuan ketuntasan kriteria PASARIBU 1171111055 kedua tersebut sehingga MINTA sekolah pasar kata II pengaruh jeni signifikansi perbedaan bertujuan picture