aspek berikut tahap kemampuan berkualita dalam diharapkan dirancang pencetakan seluruhnya diri soal dan subjek saran kerta SMK develop telah juga define mulai bahasa diujicobakan secara memenuhi 2013 peneliti merancang design melalui menganalisi analisi dikembangkan ukuran penelaahan membuat kemampuannya mengikutsertakan kepada tergolong lebih lainnya DAN pelatihan terkait meningkatkan rata keseluruhan diperoleh isi mengembangkan antara baik hal melakukan membekali sesuai produk penerangan diklat penyusunan XI mata A4 te terhadap instrumen sahih penilaian sekaligu konstruksi besar selanjutnya realibilita hasil dicetak skor pedoman penulisan validita dihasilkan efisiensi efektivita pada pokok listrik praktisi yang kesukaran dari berdasarkan cukup angket untuk reliabilita ata khususnya pencapaian prose memiliki valid kela lagi mencetak perakitan guru penelitian kompetensi benar sebesar bahwa kepala daya dapat meliputi memperbaiki ujicoba sedang digunakan mengindikasikan lain pembeda spesifikasi agar menunjang sebagai HVS ahli tingkat masukan serta pengembangan siswa butir lanjut pelajaran tindak pembelajaran BAB ini pelaksanaan model respon dilakukan SARAN kisi dengan reliabel handal mengukur validasi menyusun kurikulum kriteria KESIMPULAN fasa materi sehingga sekolah kesimpulan instalasi seleksi validator disarankan hingga validata atau beberapa