PENDAMPINGAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR PJOK BERBASIS ONLINE BAGI KKG PENJAS SD KECAMATAN HAMPARAN PERAK

LPPM Universitas Negeri Medan (2022) PENDAMPINGAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR PJOK BERBASIS ONLINE BAGI KKG PENJAS SD KECAMATAN HAMPARAN PERAK. EC00202234363.

[thumbnail of Sertifikat_EC00202234363.pdf]
Preview
Text
Sertifikat_EC00202234363.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

(UPT) Kecamatan Hamparan Perak yang merupakan salah satu kabupaten di Deli Serdang yang difokuskan pada KKG guru Penjas Sekolah Dasar. Terdapat beberapa permasalahan mitra diantaranya (1) Kurangnya pemanfaatan teknologi sebagai sumber belajar. (2) Guru kurang mampu memanfaatkan perkembangan teknologi dalam merancang sebuah bahan ajar berbasis online. (3) Guru PJOK cenderung kurang menggunakan teknologi dalam merancang sebuah pembelajaran dikarenakan tidak mampu menggunakan teknologi. Dari ketiga permasalahan utama tersebut tidaklah memungkinkan untuk diselesaikan ketiga permasalahan tersebut maka pada kegiatan. Peningkatan Kualitas Pembelajaran KKG Penjas kali ini ditentukan permasalahan prioritas yang akan diselesaikan bersama mitra dalam kegiatan ini adalah: 1) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra tentang pembuatan bahan ajar berbasis online, 2) menyediakan fasilitas penyusunan bahan ajar berbasis online bagi mitra, 3) melatih mitra untuk dapat menggunakan bahan ajar berbasis online dan dapat membuat bahan ajar secara mandiri. 4) Menjadikan bahan ajar berbasis online sebagai kreatifas mencari sumber belajar bagi mitra PKM. Hasil yang diharapkan dalam kegiatan PKM adalah berkembangnya tim mitra dengan meningkatnya kemampuan dalam perancangan bahan ajar berbasis online yang baru dan dapat menjadi contoh bagi daerah lain yang lain dalam hal pengembangan pembelajaran sesuai dengan era revolusi industri 4.0. Target luaran yang akan dicapai pada kegiatan ini sebagai berikut: (1) Luaran wajib; (a) jurnal ber ISSN, (c) publikasi media cetak /online, (2) Luaran tambahan; produk barang aplikasi berbasis online.
Metode yang akan digunakan untuk mencapai tujuan dari kegiatan pengabdian adalah, Peningkatan Kualitas Pembelajaran KKG Penjas ini adalah model pemberdayaan dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1) Tahap Persiapan; 2) Tahap Assesment; 3) Tahap Perencanaan Alternatif Program atau Kegiatan; 4) Tahap Pemformulasian Rencana Aksi; 5) Tahap Pelaksanaan (Implementasi) Program atau Kegiatan; 6) Tahap Evaluasi; serta 7) Tahap Terminasi. Pelaksanaan program Peningkatan Kualitas Pembelajaran KKG Penjas ini akan dilaksanakan sebagai upaya Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru PJOK Sekolah Dasar di daerah mitra.

Item Type: Patent
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:11
Last Modified: 02 Aug 2022 04:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47131

Actions (login required)

View Item
View Item