PENGEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN MELALUI PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI-SCL

Mursid, R (2012) PENGEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN MELALUI PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI-SCL. In: Seminar Nasional ISPI-UNY, 21-22 Jan 2012, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan sistem pendidikan dan pembelajaran dapat dilakukan melaluipeningkatan kualitas dan proses pembelajaran Perguruan Tinggi dan perlu secara kreatifmengembangkan konsep-konsep pendidikan baru yang lebih komprehensif sekaliguskompetitif. Hal ini dapat dilakukan dengan pembaharuan metode pembelajaran yang lebihfleksibel dengan berbasiskan kompetensi, dengan menempatkan mahasiswa sebagaisubyek (Student-Centered Learning = SCL), dibandingkan sebagai obyek pendidikan.Konsep pendidikan juga perlu di desain untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan danpeningkatan soft skills serta success skills, sehingga lulusan Perguruan Tinggi mempunyaikarakter percaya diri yang tinggi, memiliki kearifan terhadap nilai-nilai sosial dan kulturalbangsa, kemandirian serta jiwa kepemimpinan yang kuat.Teknologi pendidikan merupakansuatu disiplin terapan, yang berkembang karena adanya kebutuhan di lapangan, yaitukebutuhan untuk belajar –belajar lebih efektif, lebih efisien, lebih banyak, lebih luas, lebihcepat dan sebagainya. Untuk itu ada usaha dan produk yang sengaja dibuat dan ada yangditemukan dan dimanfaatkan. Namun perkembangan teknologi komunikasi dan informasiyang sangat pesat akhir-akhir ini dan menawarkan sejumlah kemungkinan yang semulatidak terbayangkan, telah membalik cara berpikir kita dengan “bagaimana mengambilmanfaat teknologi tersebut untuk mengatasi masalah belajar”.Dengan Sumber daya manusia yang ada, sistem mengelola pendidikan dan pembelajaran harus memiliki kemampuan akademis dan profesional yang handal untuk mengembangkan dan/atau menerapkan teknologi pendidikan agar penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran menjadi lebih berkualitas, efektif, efisien, dan relevan dengan kebutuhan belajar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Desentralisasi pendidikan; Teknologi pendidikan; Sistem pendidikan; Kompetensi; Student center learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 May 2016 08:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4712

Actions (login required)

View Item View Item