Studi Molecular Docking Senyawa Antosianidin Dari Ekstrak Buah Jamblang (Syzygium cumini) Sebagai Senyawa Anti-Tumor Secara In Silico

Siagian, Dea Gracella and Roza, Destria (2021) Studi Molecular Docking Senyawa Antosianidin Dari Ekstrak Buah Jamblang (Syzygium cumini) Sebagai Senyawa Anti-Tumor Secara In Silico. In: Prosiding Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia#2 - 2021, 11 Desember 2021, Medan.

[thumbnail of TextFile.pdf]
Preview
Text
TextFile.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tumor merupakan sekelompok sel abnormal yang terbentuk dari hasil pembelahan sel yang berlebihan dan tidak terkoordinasi. Disfungsi endotel akan mengaktifkan jalur Mitogen Activated Protein (MAPK) yang melibatkan protein ErK2. Antosianidin merupakan konstituen yang terdapat di dalam buah Jamblang (Syzygium Cumini) yang diketahui memiliki aktivitas Anti-tumor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memprediksi interaksi molekuler yang terjadi dalam aktivitas penghambatan sel tumor oleh senyawa Antosianidin dari ekstrak buah jamblang, melalui analisis in silico menggunakan metode molecular docking. Dari gefitinib dan 7 senyawa antosianidin yang di dockingkan, Europinidin memiliki nilai energi bebas gibbs terbaik sebesar -7,37 Kkal/mol dengan konstanta inhibisi 3,95 μM, sedangkan nilai energi bebas Gibbs ligan alami adalah -9.09 Kkal/mol dengan konstanta inhibisi 0,21708 μM. Hasil visualisasi menunjukkan bahwa senyawa Europinidin memiliki interaksi dengan residu asam amino Met108, Asp111, Asp167 Ser153, Leu156, Asp106, Ile84, Ala52. Kesimpulan penelitian ini berdasarkan parameter nilai energi bebas gibss dan konstanta inhibisinya, senyawa flavonoid pada buah jamblang belum berpotensi digunakan sebagai obat anti-tumor melalui mekanisme penghambatan protein ErK2.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Anti-tumor, moleculer docking, Antosianidin, Europinidin, ErK2
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:49
Last Modified: 01 Aug 2022 13:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47081

Actions (login required)

View Item
View Item