Analisis Respon Siswa Terhadap Aplikasi Daring sebagai Sumber Dan Media Belajar Alternatif Pada Mata Pelajaran Kimia Selama Pandemi

Siregar, Jumasari and Nurfajriani (2021) Analisis Respon Siswa Terhadap Aplikasi Daring sebagai Sumber Dan Media Belajar Alternatif Pada Mata Pelajaran Kimia Selama Pandemi. In: Prosiding Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia#2 - 2021, 11 Desember 2021, Medan.

[thumbnail of TextFile.pdf]
Preview
Text
TextFile.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan respon siswa terhadap aplikasi daring sebagai sumber dan media belajar alternatif siswa pada mata pelajaran kimia selama pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan hasil polling dan wawancara tidak terstruktur dengan bantuan google formulir. 370 responden yang dipilih secara acak dari berbagai SMA dan SMK didaerah Sumatera Utara dan terdiri dari 164 siswa kelas X, 85 siswa kelas XI dan 121 siswa kelas XII. 78,5% menyatakan bahwa kadang-kadang pelajaran kimia itu sulit, 14,7% menyatakan sulit dan 6,8% tidak sulit. Kesulitan ini ditunjukkan dengan hasil terbanyak bahwa responden memilih karena 47,7 % kimia banyak konsep hitungan, 42% banyak konsep saling berkaitan, 10,3% lainnya (abstrak, banyak konsep hapalan, media dan sumber belajar yang tidak memadai). Sehingga 55% responden memilih untuk menggunakan aplikasi belajar sebagai media dan sumber pendukung dalam pembelajaran. Didukung data bahwa 95% siswa belajar menggunakan perangkat handphone hal ini ditunjukkan dengan alasan responden 42 % mudah digunakan, 28,4% mudah memahami pelajaran, 17,8 % materi belajarnya lengkap, 11,8% lainnya (dapat berinteraksi langsung dengan pengajar, gratis, dan anjuran orangtua).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Deskriptif, Kualitaitf, Kimia, Aplikasi
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 01 Aug 2022 05:52
Last Modified: 08 Jun 2023 02:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47066

Actions (login required)

View Item
View Item