Pengembangan E-Modul Pembelajaran Pada Pembuatan briket Limbah Kulit Durian Dan Sabut Kelapa Pada Materi Senyawa Hidrokarbon Kelas XI

Agustina, Dessy and Maulina, Julia and Lubis, Hasrita (2021) Pengembangan E-Modul Pembelajaran Pada Pembuatan briket Limbah Kulit Durian Dan Sabut Kelapa Pada Materi Senyawa Hidrokarbon Kelas XI. In: Prosiding Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia#2 - 2021, 11 Desember 2021, Medan.

[thumbnail of TextFile.pdf]
Preview
Text
TextFile.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa E-Modul pembelajaran yg memperlihatkan proses pembuatan briket pada kajian mata pelajaran Kimia materi Senyawa Hidrokarbon terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Swasta Swadaya Bulu Cina. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah 4- D, tetapi penulis hanya sampai tahap 3-D (Define, Design, and Development). Teknik analisis data yang digunakan adalah kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. E-Modul yang dihasilkan termasuk ke dalam kriteria valid, praktis dan efektif. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil validasi ahli materi memberikan persentase nilai rata-rata penilaian 78,2% berada pada kategori layak, hasil validasi ahlli media memberikan persentase nilai rata-rata penilaian 93,4% berada pada kategori sangat layak, hasil angket respon siswa memberikan persentase nilai rata-rata penilaian 4,0% berada pada kategori baik dan hasil evaluasi siswa diperoleh persentase nilai rata-rata sebesar 79% dan berada pada kategoriefektif dan baik. Maka dari itu E-Modul tersebut dapat digunakan sebagai bahan ajar pada materi Senyawa HidroKarbon di sekolah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Briket, Senyawa Hidrokarbon
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:51
Last Modified: 01 Aug 2022 07:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47045

Actions (login required)

View Item
View Item