Pengaruh Penggunaan Media Webblog Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Materi Ikatan Kimia

Marpaung, Febiola Rohani and Simorangkir, Murniaty (2021) Pengaruh Penggunaan Media Webblog Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Materi Ikatan Kimia. In: Prosiding Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia#2 - 2021, 11 Desember 2021, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan media power point dan webblog terhadap motivasi belajar siswa SMA pada pokok bahasan ikatan kimia; (2) pengaruh penggunaan media power point dan webblog terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan ikatan kimia; (3) mengetahui korelasi antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa SMA yang dibelajarkan dengan media power point dan webblog pada pokok bahasan ikatan kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 18 Medan pada semester ganjil TA. 2020/2021. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X-IPA 5 sebagai kelas eksperimen (30 siswa) yang dibelajarkan dengan powerpoint dan webblog dan kelas X-IPA 1 sebagai kelas kontrol (30 siswa) yang dibelajarkan dengan media powerpoint pada materi ikatan kimia. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes untuk mengukur hasil belajar dan instrumen non tes untuk mengukur motivasi belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah nilai rata-rata test, persentase peningkatan hasil belajar, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperiment dan kelas kontrolpada data pretest adalah 57,5 dan 56,75. Nilai postest untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 82,5 dan 73,5. Data pada uji normalitas dan homogenitas diperoleh data berdistribusi normal dan data homogen. Uji korelasi pengaruh penggunaan media power point dan webblog terhadap motivasi dan hasil belajar siswa diperoleh nilai rxy = 0,723 yang berarti terdapat hubungan yang positif antara motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Media webblog; motivasi belajar; hasil belajar dan ikatan kimia
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:58
Last Modified: 01 Aug 2022 09:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46934

Actions (login required)

View Item
View Item