Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kimia Interaktif iSpring Presenter terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa pada Materi Laju Reaksi

Simarmata, Yoshe Vego Passarella and Riris, Ida Duma (2021) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kimia Interaktif iSpring Presenter terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa pada Materi Laju Reaksi. In: Prosiding Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia#2 - 2021, 11 Desember 2021, Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kimia adalah salah satu pelajaran yang sulit bagi kebanyakan siswa tingkat SMA. Salah satu materi dalam pembelajaran kimia adalah laju reaksi, materi ini diajarkan pada kelas XI IPA semester ganjil di SMA dan merupakan materi yang bersifat abstrak, memerlukan kemampuan pemahaman, mengahafal, menghitung dan menganalisis serta keaktifan peserta didik untuk berlatih untuk benar-benar memahami konsep. Pada situasi saat ini, pandemic Covid-19 mengharuskan pembelajaran dilakukan secara luring dan daring yang kurang sempurna mengingat keterbatasan sekolah dan pembelajaran yang dilaksanakan lebih banyak menggunakan grup whatsapp dan google classroom yang berdampak pada rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik. Sehingga diperlukan sebuah media yang sesuai dengan keadaan saat ini. Salah satu media yang dapat digunakan adalah iSpring Presenter yang dapat mengubah slide presentasi menjadi berbentuk flash dan lebih interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati hasil belajar, peningkatan hasil belajar, motivasi serta korelasi antara motivasi terhadap hasil belajar siswa yang akan dilakukan di SMAN 2 Lubuk Pakam kepada 1 kelas eksperimen sebanyak 36 orang. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil rata- rata pre-test siswa sebesar 48,5 dan rata-rata post-test sebesar 79,3 dengan gain sebesar 0,598 pada kategori sedang, sedangkan motivasi belajar siswa sebesar 71,967 dengan kategori tinggi serta diperoleh bahwa terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa dimana rhitung sebesar 0,436 dan rtabel sebesar 0,361.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Laju Reaksi; iSpring Presenter; Hasil Belajar; Motivasi Belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Q Science > QD Chemistry > QD701 Photochemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 Jul 2022 02:54
Last Modified: 01 Aug 2022 10:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46905

Actions (login required)

View Item
View Item