Pengaruh Macromedia Flash Berbasis Model Problem Based Learning Terhadap Motivasidan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Laju Reaksi

Lamtiur, Inki Yun and Simatupang, Lisnawaty (2021) Pengaruh Macromedia Flash Berbasis Model Problem Based Learning Terhadap Motivasidan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Laju Reaksi. In: Prosiding Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia#2 - 2021, 11 Desember 2021, Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan macromedia flash terhadap motivasi belajar siswa SMA pada pokok bahasan laju reaksi; (2) pengaruh penggunaan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan laju reaksi; (3) mengetahui korelasi antaramotivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa SMA yang dibelajarkan dengan macromedia flash pada pokok bahasan laju reaksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA pada semester ganjil TA. 2020/2021. Sampel terdiri dari siswa kelas XI SMA Negeri 18 Medan, yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (36 siswa) yang dibelajarkan dengan macromedia flash dengan menggunakan model problem based learning dan kelas kontrol (36 siswa) yang dibelajarkan dengan media powerpoint dengan menggunakan model probem based learning. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes & non tes. Selanjutnya media macromedia flash tersebut divalidkan sesuai dengan lembarpenilaian kelayakan media berdasarkan BSNP yang diberikan kepada satu validator ahli Dosen Pendidikan Kimia UNIMED. Berdasarkan hasil validasi tersebut interval nilai dan klasifikasi tingkat kelayakan media dari hasil yang didapatkan media tersebut sangat layak untuk digunakan karena tingkat kelayakan medianya mencapai 84,37 %.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; laju reaksi; problem based learning; motivasi belajar; macromedia flash.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 Jul 2022 02:15
Last Modified: 01 Aug 2022 10:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46891

Actions (login required)

View Item
View Item