Pengembangan Instrument Asessment Higher Order Thinking Skill (HOTS) Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Materi Hidrolisis Garam

Lubis, Alfi Rizkina and Sudrajat, Ajat and Nugraha, Asep Wahyu (2021) Pengembangan Instrument Asessment Higher Order Thinking Skill (HOTS) Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Materi Hidrolisis Garam. In: Prosiding Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia#2 - 2021, 11 Desember 2021, Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil analisis kebutuhan instrumen, kategori kelayakan instrumen asesmen Higher Order Thinking Skills yang ditinjau dari validasi ahli dan hasil uji coba instrumen, mengetahui tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang diukur menggunakan instrumen asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS), serta mengetahui bagaimana respon peserta didik terhadap instrumen asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS). Subjek uji coba penelitian sebanyak 15 peserta didik. Produk ini diimplementasikan pada 25 siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri. Desain uji coba terdiri dari uji validasi isi oleh para ahli dan dianalisis dengan formula Aiken’s. Data dari hasil percobaan dianalisis dengan Rasch model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan hasil analisis kebutuhan ditemukan bahwa peserta didik memiliki kemampuan berpikir yang beragam dan peserta didik juga belum terbiasa untuk menyelesaikan soal-soal HOTS pada level C4- C6 serta menganalisis indikator pengukuran pada materi Hidrolisis Garam (2) Instrumen asesmen yang telah dikembangkan yaitu instrumen soal berbentuk pilihan ganda sebanyak 40 soal, berdasarkan hasil uji coba memiliki kategori layak untuk digunakan. Instrumen asesmen memenuhi validitas isi oleh expert judgement yang dianalisis dengan indeks V Aiken’s sebesar 0.90 yang artinya semua item soal valid. Hasil analisis dengan Rasch model yaitu validitas empiris memperoleh 23 item fit, realibilitas tes sebesar 0.67 dengan kategori cukup, tingkat kesukaran butir soal dalam kategori kesukaran sedang, pengecoh (57.5%) berfungsi dengan baik. Sehingga diperoleh 23 soal HOTS yang layak digunakan; (3) Berdasarkan hasil uji implementasi, tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi Hidrolisis Garam dikategorikan di bawah kemampuan rata-rata dengan nilai logit -2.24 sampai -0.09 atau kurang dari 0;
(4) Hasil analisis respon peserta didik terhadap instrumen HOTS yang dikembangkan, diperoleh 78.90% peserta didik tidak dapat dengan mudah menjawab butir soal yang ada pada instrumen HOTS. Secara keseluruhan peserta didik memberikan respon positif terhadap instrumen soal HOTS dengan rata-rata respon positif peserta didik adalah 61.21% dan rata-rata respon negatif peserta didik adalah 38.78%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: HOTS; rasch model; model 4-D; Hidrolisis Garam Abstract
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 Jul 2022 01:58
Last Modified: 01 Aug 2022 10:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46884

Actions (login required)

View Item
View Item