Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Berbasis Multiple Representasi Pada Materi Laju Reaksi

Huda, Nurul and Syuhada, Feri Andi (2021) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Berbasis Multiple Representasi Pada Materi Laju Reaksi. In: Prosiding Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia#2 - 2021, 11 Desember 2021, Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Laju reaksi merupakan salah satu materi yang memerlukan penjelasan secara makroskopis, mikroskopis dan simbolik supaya dalam penyampaiannya menghasilkan pemahaman yang menyeluruh. Dalam materi laju reaksi, kebanyakan siswa hanya mampu merepresentasikan pembelajaran kedalam representasi makroskopik dan representasi simbolik saja. Untuk menghubungkan ketiga level representasi tersebut, guru harus dapat memvisualisasikan representasi mikroskopik kepada siswa. Guru mengkaitkan konteks yang ada dalam kehidupan sehari-hari mengenai laju reaksi dan divisualisasikan dalam sebuah bahan ajar. Salah satu penerapan multirepresentasi adalah penerapan pada bahan ajar yang mengandung unsur makroskopis, mikroskopis dan simbolik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKS yang dikembangkan dengan menggunakan pendekatakan kontekstual berbasis multiple representasi berdasarkan standar BSNP. Instrumen yang digunakan adalah Instrumen non-tes berupa angket BSNP yang telah di modifikasi dan angket respon siswa terhadap LKS yang telah dikembangkan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu LKS divalidasi oleh Dosen dan Guru Kimia diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,45 dengan kriteria valid dan layak untuk digunakan dan berdasarkan perhitungan angket respon siswa terhadap LKS diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,99 % dengan kritria sangat baik dan LKS sangat layak digunakan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: LKS; pendekatan kontekstual; multiple representasi; laju reaksi
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 Jul 2022 10:33
Last Modified: 01 Aug 2022 10:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46875

Actions (login required)

View Item
View Item