Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Elektronik Berbasis Android Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Termokimia

Hawanif, Azizah and Syuhada, Feri Andi (2021) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Elektronik Berbasis Android Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Termokimia. In: Prosiding Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia#2 - 2021, 11 Desember 2021, Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKS elektronik berbasis android berdasarkan kriteria BSNP dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi termokimia dan untuk mengetahui respon siswa terhadap LKS yang dirancang. Pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan adalah Instrumen non-tes berupa angket BSNP yang telah di modifikasi dan angket respon siswa terhadap LKS yang telah dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS siswa yang disusun telah memenuhi kriteria kelayakan menurut standar BSNP yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang merupakan dosen UNIMED dan guru kimia MAN 1 Medan dengan memperoleh nilai rata-rata persentase dari ahli materi sebesar 84% dengan kriteria “sangat layak” dan nilai rata-rata persentase dari ahli media sebesar 91,88% dengan kriteria “sangat layak”. Adapun berdasarkan hasil respon siswa terhadap LKS yang dirancang didapatkan hasil dengan rata-rata persentase sebesar 85,95% dengan kriteria “sangat setuju”, sehingga secara keseluruhan LKS elektronik berbasis android dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi termokimia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pengembangan; LKS; elektronik; berbasis android; CTL; termokimia
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 Jul 2022 10:30
Last Modified: 01 Aug 2022 10:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46874

Actions (login required)

View Item
View Item