tujuan taken classe mengaplikasikan appropriate people outcome education homogenita angket liliefor adalah student wa untuk learning research dikumpulkan pascasarjana diambil populasi memiliki dalam academic diharapkan bartlett higher ABSTRACT studi tepat kela who 2015 berasal ABSTRAK expected mengetahui menunjukkan way composition menuli sampling pendidikan negeri dan fcalculate independence than technology dahulu data hipotesi IX guru penelitian quasi terdapat oleh telah metode method experiment tinggi state bahwa teknik value divalidasi normalita berjumlah ftabel begin uji dapat design factorial significance university desain digunakan teknologi analisi terlebih questioner interaksi population test ha based budi jalur apply anava showed lebih useful diberikan junior achievement SMP aim murni ahli effect hypothesi tingkat bermanfaat there sedangkan 180 seluruh taught tesi fisher result validated sinektik medan interaction siswa program all taraf tahun yaitu grade sampel writing ANOVA significant pembelajaran dimiliki faktorial antara ini normality model dibandingkan study integrated CIRC dilakukan sesuai dilaksanakan random dua treatment storie ajaran measure dengan menggunakan sebelum two technique mengukur fhitung pengujian rendah find eksperimen year perlakuan te universita objective variant teacher sample teaching kemandirian terhadap collected sulastri given analysi between persyaratan expert hasil cooperative cerpen using firstly ftable variance level cluster used pengaruh pada reading diajarkan low silalahi school sinectic these homogenity signifikansi out yang belajar short 2016 dari bertujuan requirement before high