Analisis Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Ayuningtyas, Yola (2021) Analisis Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 2162111008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2162111008 COVER.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2162111008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2162111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (710kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2162111008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2162111008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2162111008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2162111008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2162111008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2162111008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2162111008 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2162111008 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2162111008 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2162111008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2162111008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2162111008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (601kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 2162111008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 2162111008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 13.  NIM. 2162111008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2162111008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2019/2020 . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri I Percut Sei Tuan yaitu berjumlah 150 orang.Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling (acak kelas) dan menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-1 SMP Negeri I Percut SeiTuan yang berjumlah 38 orang siswa.Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Intrumen penelitian yang digunakan adalah tes menulis teks eksplanasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri I Percut Sei Tuan dalam menulis teks eksplanasi tergolong kedalam kategori mampu dengan nilai rata-rata (62). Hasil ini diperoleh berdasarkan aspek penilaian berupa membangun struktur yang memperoleh nilai rata-rata (62) dengan kategori cukup dan ciri kebahasaan memperoleh nilai rata-rata (60) dengan kategori cukup. Dan mekanik memperole ilai rata- rata (55) termasuk dalam kategpri kurang. Berdasarkan tabel distribusi presentase nilai kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri I Percut Sei Tuanmenunjukkan pada kategori sangat mampu2 (5%), kategorimampu4 (11%), kategori cukup 11 (29%), kategori kurang 21 (55%). Melalui penelitian ini diharapkan guru bahasa Indonesia dapat mengetahui kemampuan siswa menulis khususnya dalam menulis teks eksplanasi.Setelah mengetahui kemampuan siswa maka guru dapat lebih meningkatkan efektivitas pembelajaran menulis teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis; Siswa SMP kelas VIII; Teks eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 31 Aug 2022 06:06
Last Modified: 31 Aug 2022 06:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46790

Actions (login required)

View Item
View Item