Pengembangan Model Pembelajaran Multiliterasi Berbasis Metakognisi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa

Rambe, Riris Nur Kholidah (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Multiliterasi Berbasis Metakognisi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176184006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176184006 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2.  NIM. 8176184006 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176184006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 3.  NIM. 8176184006 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176184006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 8.  NIM. 8176184006 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176184006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 9.  NIM. 8176184006 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8176184006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 10.  NIM. 8176184006 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 8176184006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 11.  NIM. 8176184006 DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 8176184006 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 12.  NIM. 8176184006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8176184006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 13.  NIM. 8176184006 BAB I.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176184006 BAB I.pdf - Published Version

Download (834kB) | Preview
[thumbnail of 17.  NIM. 8176184006 BAB V.pdf]
Preview
Text
17. NIM. 8176184006 BAB V.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of 18.  NIM. 8176184006 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
18. NIM. 8176184006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan terkait keterampilaan menulis kreatif yang selama ini belum mengaktifkan kemampuan metakognisi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan model pembelajaran multiliterasi berbasis metakognisi untuk meningkatkan keterampilan menulis kreatif siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Model pembelajaran multiliterasi berbasis metakognisi dikembangkan memenuhi kriteria komponen model pembelajaran yakni: sintaks model, sistem sosial, prinsip reaksi pengelolaan, sistem pendukung, dan dampak instruksional dan pengiring, serta instrumen-instrumen yang diperlukan. Pengembangan model pembelajaran yang dilakukan mengikuti tahapan pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp dengan memperhatikan tiga aspek produk dari Nieveen. Instrumen yang dikembangkan berupa lembar validasi model pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang divalidasi oleh ahli dan praktisi. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran multiliterasi berbasis metakognisi yang memenuhi kriteria valid baik dari segi isi dan konstruk, praktis dan efektif berada pada level tinggi. Implikasi penelitian ini berupa model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan menulis kreatif siswa. Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya supaya menerapkan model pembelajaran multiliterasi berbasis metakognisi pada materi lain, baik di tingkat sekolah dasar maupun sekolah menengah pertama.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 372.62 Ram p
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis kreatif; model pembelajaran multiliterasi; metakognisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 Jul 2022 05:27
Last Modified: 26 Jul 2022 05:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46757

Actions (login required)

View Item
View Item