Pengaruh Strategi Pembelajaran STAS Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Sikap Terhadap Matematika Pada Siswa SMP Negeri 3 Sibolga

Hutagaol, Faisal Alhadi (2022) Pengaruh Strategi Pembelajaran STAS Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Sikap Terhadap Matematika Pada Siswa SMP Negeri 3 Sibolga. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8214071019 Cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8214071019 Cover.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8214071019 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8214071019 Abstrak.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8214071019 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8214071019 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8214071019 Bab 1.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8214071019 Bab 1.pdf - Published Version

Download (542kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8214071019 Bab 5.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8214071019 Bab 5.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8214071019 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8214071019 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan sikap matematik siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) apakah terdapat pengaruh kemampuan kemunikasi matematik yang diajar dengan strategi pembelajaran STAD dan strategi pembelajaran konvensional, (2) apakah terdapat pengaruh sikap matematik yang diajar dengan strategi pembelajaran STAD dan strategi pembelajaran konvensional, (3) apakah terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan kemunikasi matematik siswa, (4) apakah terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap sikap matematik siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sibolga yang terdiri dari 5 kelas paralel. Dari seluruh siswa kelas VII dipilih siswa sebanyak 2 kelas sebagai sampel. Kelas eksperimen diberi perlakukan pembelajaran STA dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional.
Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan proses jawaban siswa. Analisis inferensial data dilakukan dengan menganalisis Anava Dua Jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematik yang diajar dengan strategi pembelajaran STAD dan strategi pembelajaran konvensional, (2) Terdapat pengaruh sikap matematik yang diajar dengan strategi pembelajaran STAD dan strategi pembelajaran konvensional, (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan komunikasi matematik matematis siswa, (4) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap sikap matematik siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 515,252,072 Hut p
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran STAS; kemampuan komunikasi matematika; siswa SMA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:47
Last Modified: 26 Jul 2022 03:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46745

Actions (login required)

View Item
View Item