Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2020/2021

Sulistia, - (2021) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1172151021_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1172151021_COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1172151021_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1172151021_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1172151021_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1172151021_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1172151021_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1172151021_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1172151021_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1172151021_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1172151021_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1172151021_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1172151021_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1172151021_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1172151021_BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1172151021_BAB I.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1172151021_BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1172151021_BAB V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1172151021_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1172151021_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok Rational Emotive Behavior Therapy terhadap kejenuhan belajar siswa kelas X di SMA Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior terhadap kejenuhan belajar siswa kelas X di SMA Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi experimental dengan menggunakan Pre-test and post test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas X yang memiliki skor kejenuhan belajar tinggi. Instrumen yang digunakan adalah skala kejenuhan belajar. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok Rational Emotive Behavior Therapy terhadap kejenuhan belajar siswa. Hasil analisis diperoleh bahwa hasil awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 124,625 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 81,125. Hasil analisis diperoleh dari uji Wilcoxon menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh J hitung = 15 sedangkan J tabel = 4. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n=8, α= 0,05 sesuai dengan kriteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel di mana 15 > 4, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok rational emotive behavior terhadap kejenuhan belajar siswa kelas X di SMA Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2020/2021 dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-BK-003
Keywords: Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior; Kejenuhan Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:23
Last Modified: 27 Jul 2022 03:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46727

Actions (login required)

View Item
View Item