Efektifitas Layanan Penguasaan Konten Melalui Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Self-Regulated Learning SiswaKelas XI SMK T. Amir Hamzah Indrapura Tahun Ajaran 2020/2021

Puspa, Dewi (2022) Efektifitas Layanan Penguasaan Konten Melalui Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Self-Regulated Learning SiswaKelas XI SMK T. Amir Hamzah Indrapura Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1173351012_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1173351012_COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1173351012_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1173351012_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1173351012_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1173351012_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1173351012_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1173351012_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1173351012_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1173351012_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1173351012_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1173351012_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1173351012_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1173351012_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1173351012_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1173351012_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1173351012_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1173351012_BAB I.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1173351012_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1173351012_BAB V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1173351012_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1173351012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna melihat keefektifan layanan penguasaan
konten melalui metode diskusi untuk meningkatkan Self-Regulated Learning
siswa SMK T. Amir Hamzah Indrapura yang rendah. Jenis penelitian ini ialah
kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi experimen) dan jumlah
subyek dalam penelitian ini ialah sebanyak 7 siswa yang mengalami Self-
Regulated Learning rendah yang di ambil melalui proses screening. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian one group Pre-test Post-test serta pengumpulan
data dilakukan dengan mengobservasi dan membagikan kuisioner angket kepada
subyek yang nantinya hasilnya akan di analisis menggunakan uji wilcoxon guna
menentukan keefektifan layanan penguasaan konten melalui metode diskusi.
Berdasarkan hasil pemberian layanan penguasaan konten melalui metode diskusi
kepada 7 subyek peneliti menemukan hasil yang baik terhadap layanan
penguasaan konten melalui metode diskusi yaitu melalui uji hipotesis yang di uji
menggunakan wilcoxon peneliti mendapatkan hasil bahwa Jhitung = 10 > Jtabel =
2 maka dapat di katakan hipotesis di terima. Hal ini di perkuat dengan adanya data
dari masing-masing subyek yang mengalami peningkatan persentase rata-rata
sebesar 39,45% di sertai juga dengan peningkatan masing-masing indikator
dimana rata-rata persentasenya sebesar 63,31%. Hasil tersebut menunjukkan
bahwa layanan penguasaan konten melalui metode diskusi efektif untuk
meningkatkan Self-Regulated Learning siswa SMK T.Amir Hamzah Indrapura
tahun 2020/2021.
Kata Kunci : Layanan Penguasaan Konten Metode Diskusi, Self-Regulated

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Content Mastery Service; Discussion Method; Self-Regulated Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 25 Jul 2022 08:20
Last Modified: 25 Jul 2022 08:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46706

Actions (login required)

View Item
View Item