PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN BAKAT TEKNIK TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X SMK DI KOTA MEDAN

Sitepu, Arta Dinata (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN BAKAT TEKNIK TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X SMK DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136122005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136122005 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136122005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136122005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136122005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136122005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136122005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136122005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136122005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136122005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136122005 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136122005 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136122005 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136122005 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136122005 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136122005 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136122005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136122005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136122005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136122005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136122005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136122005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui hasil belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik siswa yang dibelajarkan dengan Strategi Pembelajaran Kontekstual dan hasil belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik siswa yang dibelajarkan dengan Strategi Pembelajarn Ekspositori. (2) Mengetahui hasil belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik siswa yang memiliki tingkat bakat tinggi dan siswa yang memiliki bakat teknik rendah. (3) Mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan bakat teknik siswa terhadap hasil belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan terdiri dari lima kelas (XTPTL1 – XTPTL5) dan siswa kelas X SMK Negeri 13 Medan yang terdiri dari dua kelas (XTPTL1 – XTPTL2). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel kelompok secara undi (Cluster Random Sampling). Sampel penelitian ini dipilih kelas XTPTL2 (30 orang) yang akan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual pada SMK Negeri 2 Medan dan kelas XTPTL1 (30 orang) yang akan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori pada SMK Negeri 13 Medan. Instrument penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan berganda begitu juga untuk mendapatkan data tentang bakat teknik siswa digunakan tes bakat teknik. Uji normalitas dengan uji liliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji Fisher untuk dua kelompok sampel dan uji Bartlett untuk empat kelompok sampel. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikan 0,05 yang dilanjutkan dengan uji scheffe. Hasil penelitian adalah : (1) rata – rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual X ̅ = 19,4 lebih tinggi daripada rata – rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori X ̅ = 16,9 dengan Fhitung = 9,99 > Ftabel = 4,02, (2) rata – rata hasil belajar siswa dengan memiliki bakat teknik tinggi X ̅ = 19,9 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki bakat teknik rendah X ̅ = 16,1 dengan Fhitung = 28,62 > Ftabel = 4,02 dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan bakat teknik terhadap hasil belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik dengan Fhitung = 4,29 > Ftabel = 4,02.
Berdasarkan hasil analisis data yang disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa dengan karakteristik bakat teknik tinggi adalah strategi pembelajaran kotenkstual sedangkan siswa dengan tingkat bakat tekniknya rendah, maka strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran ekspositori. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru Dasar Dan Pengukuran Listrik yaitu dalam penerapan strategi pembelajaran memperhatikan karakteristik siswa khususnya karakteristik bakat teknik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.246 Sit p
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Strategi pembelajaran; Pengukuran listrik; Pembelajaran kontekstual; Pembelajaran ekspositori
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:28
Last Modified: 26 Apr 2016 07:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4668

Actions (login required)

View Item
View Item