Hubungan Kemampuan Berpikir Logis dengan Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Pada Kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selaan Tahun Ajaran 2020/2021

Lestari (2021) Hubungan Kemampuan Berpikir Logis dengan Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Pada Kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selaan Tahun Ajaran 2020/2021. ['eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate' not defined] thesis, Universitas Negeri Medan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan menulis teks negosiasi siswa sangat berpengaruh oleh beberapa aspek salah satunya aspek penalaran. Aspek ini sangat berperan sekali terhadap kemampuan menulis, karena di dalam menulis harus diungkapkan secara nalar yang logis atau sesuai dengan pola penalaran. Penalaran adalah suatu proses berpikir dengan menghubung-hubungkan bukti, fakta, petunjuk atau eviden, ataupun suatu yang dianggap bahan bukti menuju pada suatu kesimpulan. Kegiatan penalaran adalah proses berpikir logis. Berpikir logis dapat diartikan sebagai kegiatan berpikir menurut suatu pola tertentu atau dengan perkataan lain menurut logika tertentu.Kegiatan menulis teks negosiasi adalah salah satu latihan yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir logis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir logis dengan kemampuan menulis teks negosiasi siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selaan Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah 243 siswa dari jumlah keseluruhan kelas X. Sampel yang diambil berjumlah 25% maka 60 siswa dari jumlah populasi maka dalam penelitian ini diambil yaitu pada kelas X- MIA1 dan X-MIA2 yang berjumlah 60 siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes pilihan berganda dan essay. Kemampuan berpikir logis dengan kemampuan menulis teks negosiasi siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan, menunjukkan bahwa kemampuan berpikir logis siswa dapat dikategorikan cukup, kemampuan menulis teks negosiasi siswa dapat dikategorikan cukup baik dan hubungan kemampuan berpikir logis siswa dengan kemampuan menulis teks negosiasi siswa di peroleh 3,634 pada hasil uji t maka dapat di simpulkan bahwa adanya hubungan antara kemampuan berpikir logis dengan kemampuan menulis teks negosiasi siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate' not defined])
Uncontrolled Keywords: Berpikir logis; menulis teks negosiasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 15 Aug 2022 09:08
Last Modified: 15 Aug 2022 09:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46656

Actions (login required)

View Item
View Item