MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF

Rosmaini (2010) MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF. Jurnal Bahas, 19 (01). ISSN 0852-8535

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview

Abstract

Seorang guru yang profesional harus memiliki minimal empat kompetensi, yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi pedagogik, dan kompetensi profesional. Salah satu kompetensi yang harus dikuasai guru adalah pedagogik. Dalam kompetensi ini guru harus mengetahui berbagai teori tentang belajar dan pembelajaran, sebab teori inilah yang sering memberikan landasan bagi pendekatan dan metodologi mengajar. Dengan kata lain, pendidik adalah agen pembelajaran (learning agent) yang berperan sebagai fasilitator, motivator, pemacu, dan perekayasa pembelajaran. Untuk itu pendidik harus mampu mengaplikasikan berbagai pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang inovatif untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran yang maksimal.

Item Type: Article
Keywords: Pembelajaran inovatif; Kompetensi; Problem solving; Inquiry training; Group investigation; Inteligensi ganda
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Apr 2016 04:15
Last Modified: 21 Apr 2016 04:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/466

Actions (login required)

View Item
View Item