KEBERDAYAAN PEREMPUAN : SUATU PENDEKATAN DALAM KAJIAN PENDIDIKAN MASYARAKAT

Sudirman and Rosramadhana and Aricindy, Argitha and RIZALDI, AHMAD (2020) KEBERDAYAAN PEREMPUAN : SUATU PENDEKATAN DALAM KAJIAN PENDIDIKAN MASYARAKAT. CV. AA. RIZKY, Banten. ISBN 978-623-6942-37-6

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Gender merupakan kata yang diartikan dalam Bahasa Latin yaitu "genus", dapat diartikan bahwa gender adalah berbagai macam jenis maupun tipe atau jenis. Gender dapat dikatakan sebagai karakteristik serta amanah dan fungsi yang diampun oleh laki-laki dan perempuan, ini biasanya dilihat dari konsep sosial dan tidak atas pemberian dari yang maha kuasa.
Pemberdayaan dapat dimaknai sebagai suatu proses menuju berdaya, atau proses untuk memperoleh daya/kekuatan/kemampuan, dan atau proses pemberian daya/kekuatan/kemampuan dari pihak yang memiliki daya kepada pihak yang kurang atau belum berdaya.
Diketahui bahwa Pemberdayaan dan otonomi perempuan serta peningkatan status politik, sosial, ekonomi dan kesehatan mereka merupakan tujuan yang sangat penting. Selain itu, hal tersebut penting untuk pencapaian pembangunan berkelanjutan. Partisipasi penuh dan kemitraan baik perempuan maupun laki-laki diperlukan dalam kehidupan produktif dan reproduktif, termasuk tanggung jawab bersama untuk mengasuh dan mengasuh anak serta memelihara rumah tangga. Disemua bagian dunia, perempuan menghadapi ancaman terhadap kehidupan, kesehatan, dan kesejahteraan mereka sebagai akibat dari beban kerja yang berlebihan dan kurangnya kekuatan serta pengaruh mereka.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Gender; Keadilan; Kebijakan; Pemberdayaan perempuan; Organisasi masyarakat
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN478 Social organization
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1101 Women. Feminism
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:53
Last Modified: 21 Jul 2022 02:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46568

Actions (login required)

View Item
View Item