Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Siswa SMK Negeri 2 Tebing Tinggi.

Panjaitan, Jeri Krisman Mangasa (2021) Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Siswa SMK Negeri 2 Tebing Tinggi. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5163131019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5163131019 COVER.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5163131019 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5163131019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5163131019 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5163131019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5163131019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5163131019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5163131019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5163131019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5163131019 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5163131019 TABLES.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5163131019 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5163131019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (3kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5163131019 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5163131019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (3kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5163131019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5163131019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5163131019 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5163131019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5163131019 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5163131019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Sikap adalah salah satu istilah bidang psikologi yang berhubungan dengan persepsi dan tingkah laku. Ranah afektif tidak dapat diukur seperti halnya ranah kognitif, karena dalam ranah afektif kemampuan yang diukur adalah menerima (memperhatikan), meliputi kepekaan terhadap kondisi, gejala, kesadaran, kerelaan, mengarahkan perhatian. Pengembangan instrumen penilaian sikap ini bertujuan untuk memudahkan guru dalam menilai sikap siswa dengan menggunakan instrument penilaian yang efektif. Pengembangan instrumen evaluasi ini ditujukan untuk guru dimana nantinya instrumen evaluasi ini akan membantu guru untuk melakukan penilaian atau evaluasi afektif khususnya pada bagian sikap siswa yang lebih baik lagi dan lebih efektif. Penilaian sikap yang utama dilakukan selama periode satu semester oleh guru mata pelajaran (selama proses pembelajaran pada jam pelajaran), guru bimbingan konseling (BK), dan wali kelas (selama siswa di luar jam pelajaran). Penilaian afektif yang ideal dapat dilakukan menggunakan beberapa teknik: Pertama adalah observasi atau pengamatan, instrumen yang digunakan menggunakan lembar observasi. Kedua, penilaian diri, penilaian ini dilakukan oleh peserta didik sendiri, dalam kaitannya menemukan kelebihan serta kelemahan yang terdapat pada dirinya sendiri. Kurikulum 2013 ini dimana sistem pendidikan Indonesia mulai memandang penting penilaian afektif ini sehingga guru diharuskan menilai afektif siswa dengan instrumen yang telah disediakan oleh kurikulum 2013 untuk menjadikan bahan evaluasi guru selain kognitif.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Tebing Tinggi jurusan Teknik Elktronika Industri (TEI). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan atau yang dikenal dengan Research And Development (R&D). Telah dilakukan uji kelayakan instrument oleh tiga ahli. Dari hasil uji kelayakan pada ahli pertama memberikan nilai rata-rata 3,86 dan menyatakan layak digunakan, uji kelayakan instrument pada ahli kedua memberikan nilai rata-rata 2,86 dan menyatakan layak digunakan dengan revisi, uji kelayakan pada ahli ketiga memberikan nilai rata-rata 3,71 dan menyatakan layak digunakan. Dari penilaian ketiga ahli nilai rata-rata yang diberikan sebesar 3,48 dan menyatakan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instrumen Penilaian Sikap, Instrumen, Sikap Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:10
Last Modified: 21 Jul 2022 02:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46561

Actions (login required)

View Item
View Item