Implementasi Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional Kepada Peserta BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Horas Insani Pematangsiantar

Saragih, Jonathan (2022) Implementasi Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional Kepada Peserta BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Horas Insani Pematangsiantar. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 3173111010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 3173111010 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 3173111010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 3173111010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 3173111010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 3173111010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 3173111010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 3173111010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 3173111010 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 3173111010 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 3173111010 CHARTS.pdf]
Preview
Text
6. NIM 3173111010 CHARTS.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 3173111010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
7. NIM 3173111010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 3173111010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
11. NIM 3173111010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 3173111010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
12. NIM 3173111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada peserta BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Horas Insani Pematangsiantar. Adapun jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif dimana peneliti dapat memfokuskan perhatian pada kejadian alamiah yang terjadi dan dialami peserta dalam pelayanan di rumah sakit. Lokasi penelitian dilakukan di Rumah Sakit Horas Insani Pematangsiantar. Adapun dalam penelitian ini menggunakan subjek penelitian yaitu penanggung jawab BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Horas Insani Pematangsiantar, verifikator BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Horas Insani Pematangsiantar, dan pasien BPJS Kesehatan rawat inap dan rawat jalan di Rumah Sakit Horas Insani Pematangsiantar. Penelitian ini sendiri dilakukan dengan meneliti langsung ke lapangan, dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, penelitian kepustakaan, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis maka dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Rumah Sakit Horas Insani yang dijadikan sebagai lokasi penelitian, masih belum optimal. Salah satunya adalah pelayanan yang kurang memuaskan bagi pasien BPJS Kesehatan. kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Rumah Sakit juga merupakan salah satu faktor yang menimbulkan masalah kurangnya pengetahuan terkait prosedur untuk mendapatkan pelayanan bagi beberapa masyarakat terkhususnya masyarakat awam sehingga akan mempengaruhi sistem pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-PKN-008
Uncontrolled Keywords: Pelayanan kesehatan; jaminan kesehatan nasional; BPJS Kesehatan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:38
Last Modified: 25 Jul 2022 03:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46542

Actions (login required)

View Item
View Item