RANCANGAN PROTOTIFE ALAT TES PENGUKUR FREKUENSI LANGKAH DIGITAL ATLET LARI SPRINT

LPPM Universitas Negeri Medan (2022) RANCANGAN PROTOTIFE ALAT TES PENGUKUR FREKUENSI LANGKAH DIGITAL ATLET LARI SPRINT. EC00202232708.

[thumbnail of Sertifikat_EC00202232708.pdf]
Preview
Text
Sertifikat_EC00202232708.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Mengingat perkembangan teknologi yang begitu pesat di zaman sekarang ini sehingga membuat orang ingin selalu berkreasi dan memicu untuk membuat sesuatu yang baru dimana dapat di aplikasikan serta dapat digunakan dengan mudah dan praktis. Ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang olahraga ditingkal global semakin maju terutama dampak hasil riset tentang pemanfaatan teknologi tepat guna yang diperuntukkan bagi banyak umat khususnya pemenuhan kebutuhan akan kemudahan dan keefektifan. Begitu pentingnya peran iptek bagi kemajuan olahraga maka riset/penelitian haruslah mampu menghasilkan suatu produk teknologi tepat guna untuk membantu pelaku olahraga mengimplementasikannya dalam kegiatan olahraga bahkan dapat meningkatkan prestasi atlet dan memajukan olahraga suatu bangsa terkhusus di sumatera utara.
Pelaksanaan penelitian ini mengkaji tentang visi Univesitas Negeri Medan yang salah satunya dalam hal mengembangkan rekayasa industri dan teknologi yang kreatif. Perubahan ini sejalan dengan perubahan revolusi industri 4.0 yang menuntut suatu penelitian yang dapat menghasilkan suatu karya yang inovatif yang mencakup rekayasa industri terhadap setiap program studi yang ada di lingkungan Unimed. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk alat frekuensi langkah pada atlet lari sprint Sumatera Utara yang berbasis digital. Penelitian ini diharapkan dapat mengatasi kesulitan terhadap pelatih yang mana selama ini masih melakukan secara manual kurang efektif dan objektifnya terhadap hasil dari pelaksanaan tes tersebut dan masih belum bisa dikategorikan akurat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development dengan model Borg and Gall (1983) yang dibagi dalam tiga tahapan. Adapun tahapan penelitian tersebut yaitu; (1) Tahap pra pengembangan, yang mana pada tahap ini dilakukan analisis kebutuhan melalui survey tingkat kebutuhan alat bagi pengguna, penyusunan instrument dan konsultasi kekada pakar. (2) Tahap pengembangan mengembangkan produk tes frekuensi langkah atlet lari sprint yang dimulai dari pengembangan produk awal naskah (buku manual), merancang alat tes digital, ujicoba kelompok kecil, perbaikan tahap I, ujicoba kelompok besar, perbaikan tahap II, produksi massal. (3) Tahap evaluasi implementasi hasil produk dan desiminasi produk.

Item Type: Patent
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV1060.5 Track and field athletics
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV401 Physical education facilities. Sports facilities
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Jul 2022 06:28
Last Modified: 09 Aug 2022 03:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46486

Actions (login required)

View Item
View Item