PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KEWIRAUSAHAAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN BISNIS MANAJEMEN

Mursid, R (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KEWIRAUSAHAAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN BISNIS MANAJEMEN. Jurnal TIK dalam Pendidikan, 8 (1). pp. 71-79. ISSN 2355-4983; 2407-7488

[img] Text
Article.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
Turnitin.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
Official URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknolo...

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan bahan ajar kewirausahaan berbasis kontekstual pada siswa, (2) menggunakan bahan ajar kewirausahaan berbasis kontekstual dalam pembelajaran layak digunakan pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg and Gall yang dipadu dengan model desain pembelajaran Dick and Carey. Metode penelitian terdiri dari tujuh langkah yaitu sebagai berikut : (1) analisis kebutuhan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba perorangan, (5) uji coba kelompok kecil, (6) uji coba lapangan terbatas, dan (7) produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan : (1) uji ahli materi berada pada kualifikasi sangat baik (90,58%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (82,89), (3) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (83,55), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (92,94), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (95,72), dan (6) uji coba lapangan terbatas berada pada kualifikasi sangat baik(95,10). Dengan demikian, pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual layak digunakan dalam pembelajaran kewirausahaan

Item Type: Article
Keywords: bahan ajar kewirausahaan; kontekstual; siswa Sekolah Menengah Kejuruan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 Jul 2022 09:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46271

Actions (login required)

View Item View Item