PENGARUH OLAHRAGA KOMPETITIF TERHADAP MOTIF BERPRESTASI (STUDI KOMPARATIF ANTARA SISWA ATLET DAN SISWA NON-ATLET)

Dr. Albadi Sinulingga, M.Pd (2019) PENGARUH OLAHRAGA KOMPETITIF TERHADAP MOTIF BERPRESTASI (STUDI KOMPARATIF ANTARA SISWA ATLET DAN SISWA NON-ATLET). EC00201950285.

[thumbnail of Sertifikat HAKI disertasi.pdf]
Preview
Text
Sertifikat HAKI disertasi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (529kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa untuk menghadapi masa mendatang yang semakin kompetitif, diperlukan sumber daya manusia yang memiliki karakteristik mampu bersaing dalam berbagai bidang kehidupan, dan berorientasi pada prestasi (achievement orientation). Menurut beberapa ahli bahwa motivasi berprestasi dapat diajarkan pada kelompok atau organisasi lewat latihan (achievement training) untuk mencapai prestasi. Perserikatan Bangsa-Bangsa telah memposisikan olahraga dan pendidikan jasmani sebagai sebuah kegiatan yang membina dan membentuk individu dan masyarakat yang tangguh. Selain itu, telah menjadi kesepakatan para pakar bahwa melalui olahraga dan pendidikan jasmani dapat meningkatkan semangat juang, kegigihan, komitment, kerja keras individu dalam jangka panjang lewat latihan olahraga.
Tujuan penelitian adalah untuk mengungkap apakah olahraga prestasi (high performance) di kalangan atlet pelajar mampu memupuk sifat-sifat yang berorientasi pada motivasi berprestasi.
Metode penelitian yang digunakan adalah ex post de facto (penelitian setelah kejadian) di mana teknik pengumpulan data mempergunakan angket motivasi berprestasi. Instrumen yang digunakan untuk motivasi berprestasi di susun dan dikembangkan oleh peneliti mengikuti model Likert dengan mengacu lima tingkatan. Alternatif jawaban disusun sedemikian rupa dalam bentuk simulasi.
Berdasarkan hasil penelitian pada tingkat kepercayaan 95% (α 0.05) secara signifikan ditemukan terdapat perbedaan motivasi berprestasi atlet dan non atlet. Selain itu, secara signifikan tidak terdapat perbedaan motivasi berprestasi berdasarkan lama latihan. Berdasarkan jenis kelamin tidak terdapat perbedaan motivasi berprestasi atlet laki-laki dan atlet perempuan. Pada penelitian ini juga secara signifikan tidak terdapat perbedaan motivasi berprestasi di antara ke 7 (tujuh) cabang olahraga.
Dari hasil studi ini direkomendasikan bahwa untuk meningkatkan motivasi berprestasi para pelajar hendaknya berpartisipasi atau terlibat dalam olahraga kompetitif.

Item Type: Patent
Additional Information: 796.07 Sin p
Keywords: Olahraga kompetitif; Motif berprestasi; Siswa atlet; Siswa non-atlet
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 04 Jul 2022 08:44
Last Modified: 28 Jul 2022 04:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46253

Actions (login required)

View Item
View Item