tujuan assessor menghargai sumatera appropriate failed local education item even panai tidak sumatra terdiri pengajaran adalah student teach untuk prosentase research dikumpulkan pascasarjana curriculum concrete layak get dalam tak ABSTRACT area memperoleh fossil itu ketepatan kela 2015 ABSTRAK disediakan akibat wanting relevan konkrit competent predikat predicate ilustrasi negeri dan kesulitan fulfill effective data bersejarah tersedianya penggunaan assessment utara whole guru penelitian develop kompetensi terdapat namun irrelevant lingkungan sejarah sebesar validity relevant menjaga setelah good intention state bahwa come percentage textbook bahasa finding secara science make subdistrict ketika memenuhi some kesahihan tercapai peneliti IV packaging ketercernaan product variou dapat design meliputi other melalui university desain competence unavailable menjadikan fill digunakan esteem para give dikembangkan demikian sedikitpun tentang but historical mengalami ha based thesi komponen example north labuhanbatu buku represent upstream sebagai use lainnya ahli hendak yielded pengemasan peniliti provinsi pengamatan tuntutan instruction daerah setempat sudah dicapai ajar tesi researcher adapun perception result pengembangan medan siswa program substance all bahan grip merupakan development disimpulkan pelajaran yaitu continuity ommission grade keseluruhan diperoleh environment isi penilai pembelajaran IPS they dasar validation mengula according mengembangkan regency ini mereka baik subject model care study fundamental about sesuai clas sebuah kelestariannya provided accuracy kecamatan produk esteeming linguist dengan discussion menggunakan akan SD kelengkapan mata it mengeluhkan validasi universita cover will teacher component thereby equipment inferential demand kurikulum coverage mengajarkan teaching elementary terhadap collected penilaian explanation materi tersebut didasarkan province expert hulu kota scince berbagai hasil menghendaki digestible fourth valvalidity sehingga sekolah kecermatan obtained obtain kabupaten TAUFIQ cakupan because validita dihasilkan illustrate equal kebutuhan used when reached archaeological contoh tek base consisted bahasan pada pokok through take developed school efektif difficultie peninggalan atau yang beberapa town social dari postgraduate requirement thiagarajan not remain