Hasairin, Ashar (2019) Peningkatan Kualitas Dosen Dalam penelitian dan Pengabdian di Pusat Sains dan Teknologi Unimed dengan Penerapan Mind Set Dan Pemetaan. Research Report. LPPM, Medan.
Text
Full Text.pdf - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version Download (0B) |
Abstract
Penanaman konsep dasar sains dan teknologi perlu dilakukan dosen agar tidak terjadi miskonsepsi yang membawa dampak bagi pelakasanaan penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Pemetaan sains dan teknologi berisikan informasi skema, gambar alur pikir, peta konsep “Map Drawing” dalam bidang kajian untuk menanamkan konsep dasar sains dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kegiatan dosen dalam pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan penerapan mind set dan pemetaan. Penelitian bersifat deskriptif dengan cara survey eksploratif penelusuran langsung proposal penelitian dan pengabdian dosen secara “Purpossive sampling”. Identifikasi pada setiap masalah penelitian dan pengabdian dilengkapi dengan instrumen angket. Data dikumpul, ditabulasi dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya dideskripsikan secara naratif menghasilkan alur peta pikiran, peta konsep dalam bidang sains dan teknologi. Untuk menganalisis pengembangan dan keefektifan dosen dapat dilakukan dengan angket dihitung melalui persentase. Hasil penelitian diperoleh pada pembelajaran jumlah skor keseluruhan pengerjaan enam tugas KKNI sebesar 72,0% dengan angka yang berbeda-beda pada setiap aspek termasuk ke dalam kriteria sulit. Hasil evaluasi kemampuan produk buku roadmap penelitian rata-rata dianggap sudah memadai, meskipun masih ada yang kurang kemampuannya. Pengetahuan responden (dosen) dan dari pemahaman kepada penerapan cukup meningkat dari hasil jawaban responden dibantu dengan buku roadmap penelitian. KDBK dijadikan sebagai payung penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dirancang berupa inovasi dan teknologi dalam kajian materi Sains dan Teknologi dengan memanfaatkan sumber daya alam di Sumatera Utara. Pengembangan dan keefektivan dosen dalam pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan penerapan mindset dan pemetaan pikiran dapat diukur dengan menggunakan angket terbuka dengan isian tentang keefektivan dosen
Actions (login required)
View Item |