PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF

Zulfikar, Dede (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF. [UNSPECIFIED]

[thumbnail of 1. 8126172009 Cover.pdf]
Preview
Text
1. 8126172009 Cover.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8126172009 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8126172009 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3. 8126172009 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8126172009 Abstrak.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8126172009 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8126172009 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8126172009 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8126172009 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8126172009 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8126172009 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8126172009 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8126172009 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8126172009 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8126172009 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8126172009 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8126172009 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10. 8126172009 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8126172009 Bab V.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8126172009 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8126172009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol pretes postes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan metakognitif lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa, (3) bagaimanakah proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan metakognitif dan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Takengon dan sampelnya dipilih secara acak yaitu kelas X-Mia 3 (eksperimen) dan kelas X-Mia 2 (kelas Kontrol). Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes KAM, (2) tes kemampuan pemecahan masalah, (3) skala kemandirian belajar siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefesien reliabilitas sebesar 0,781 dan 0,643 berturut turut untuk kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Anova dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan metakognitif lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional (2) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa (3) proses penyelesaian jawaban siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan metakognitif lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Peneliti menyarankan agar pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan metakognitif dapat menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa

Item Type: UNSPECIFIED
Additional Information: 510.071 2 Zul p
Keywords: Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Metakognitif, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 06 Jun 2016 03:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4609

Actions (login required)

View Item
View Item