PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS XII SMA NEGERI 13 MEDAN T.P 2020/2021

Hutajulu, Lisa Sonia (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS XII SMA NEGERI 13 MEDAN T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4172121026 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4172121026 COVER.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4172121026 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4172121026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4172121026 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4172121026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4172121026 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4172121026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4172121026 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4172121026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4172121026 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4172121026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4172121026 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4172121026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4172121026 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4172121026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk, respon pengguna dan efektifitas penggunaan media pembelajaran berbasis android yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (R&D). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari 6 tahapan. Berdasarkan hasil analisis data uji kelayakan oleh ahli media diperoleh bahwa media pembelajaran berbasis android termasuk dalam kategori sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan aspek panduan dan informasi sebesar 100%, aspek operasional multimedia sebesar 92% dan aspek sistematika, estetika dan prinsip rekabentuk media sebesar 92%, maka persentase keseluruhannya didapat 92,63%. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi diperoleh persentase kelayakan aspek fungsionalitas 96%, kehandalan mendapat 95%, kebergunaan mendapat 100%, dan efisiensi mendapat 100% dengan persentase keseluruhan 97,5% dalam kategori sangat layak, serta guru diperoleh persentase kelayakan aspek panduan dan informasi 100%, materi multimedia 92,7%, evaluasi 88%, desain dan fasilitas media 96%, dan efek pedagogi mendapat 100% dengan persentase keseluruhan sebesar 94,7% dan masuk dalam kategori sangat layak. Respon pengguna pada uji coba media pembelajaran berbasis android di kelas XII IPA 1 dengan 30 responden mendapatkan persentase dari keseluruhan aspek sebesar 95% yang termasuk pada kategori sangat positif dan untuk efektivitas penggunaan media didapatkan dari peningkatan hasil belajar siswa memperoleh N-gain sebesar 0,71 dengan kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 FIS 006
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran interaktif; Android; Listrik dinamis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 09 Jun 2022 04:10
Last Modified: 09 Jun 2022 04:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46076

Actions (login required)

View Item
View Item