berikut tidak dalam dipengaruhi teman diri menghadapi mempertimbangkan negeri dan kesulitan saran sisanya terdapat oleh seperti secara peneliti haru simultan prestasi menumbuhkan mandiri dalalam 994 kepada utama lebih menyarankan cara hendak DAN jika sedangkan 005 berinisiatif sendiri meningkatkan taraf diperoleh SMA mengembangkan antara urusan baik hal selalu akan mengarahkan XI mata fhitung 586 kemandirian terhadap selanjutnya 894 sia hasil maka penting mampu memprioritaskan pada yang belajar dari berdasarkan akurat tentunya membiasakan untuk waktu kela diteliti menunjukkan manajemen thitung lagi ditunjukkan guru penelitian lingkungan sebesar mencari sama ttabel dikaji R2 bergantung maupun bahwa positif sebayanya ftabel uji 073 dapat menanamkan lain variasi agar berpengaruh sebagai nilai determinasi masukan serta perhitungan memperhatikan ekonomi siswa pakkat bahan disimpulkan pelajaran sampel IPS BAB bisa ini bagi dilakukan meneliti karena variabel SARAN dengan signifikan prediksi mana penuli paling sumber KESIMPULAN tersebut sumbangan pembahasan sikap memberikan sehingga sekolah kesimpulan bertanya pengaruh disarankan 000 membuang signifikansi minat