PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI ZOOM TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMKN 1 PEMATANGSIANTAR T.A 2020/2021

SIREGAR, MONIKA VERAWATI (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI ZOOM TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMKN 1 PEMATANGSIANTAR T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7172141015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7172141015 COVER.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7172141015 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7172141015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (979kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7172141015 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7172141015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7172141015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7172141015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 5.  NIM. 7172141015 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7172141015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7172141015 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7172141015 TABLE.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 7.  NIM. 7172141015 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7172141015 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7172141015 APPENDIX.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7172141015 APPENDIX.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 9.  NIM. 7172141015 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7172141015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview
[thumbnail of 13.  NIM. 7172141015 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7172141015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 14.  NIM. 7172141015 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7172141015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ekonomi serta banyaknya siswa yang masih belum aktif dalam pembelajaran E-learning di SMK Negeri 1 Pematangsiantar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh antara model problem based learning Dengan menggunakan e-learning berbasis aplikasi Zoom dengan model Direct Instruction terhadap aktivitas belajar Ekonomi Siswa X AK di SMK Negeri 1 Pematangsiantar T.P 2020/2021.; (2) Untuk melihat pengaruh antara model problem based learning dengan menggunakan e-learning berbasis aplikasi Zoom dengan model Direct Instruction terhadap Hasil belajar Ekonomi Siswa X AK di SMK Negeri 1 Pematangsiantar T.P 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Pematangsiantar yang berjumlah 100 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil uji hipotesis aktivitas belajar siswa dengan perhitungan dengan uji statistik nonparametris menggunakan uji U Mann Whitney, yang dihitung menggunakan program SPSS versi 25, menunjukkan bahwa nilai Asymp. sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, dengan demikian Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning terhadap aktivitas belajar siswa. (2) Hasil uji hipotesis hasil belajar siswa dengan perhitungan menggunakan independent sample t test melalui program SPSS versi 25 menunjukkan nilai t pada t-test for Equality of Means sebesar 5,021, sedangkan nilai t tabel yaitu 1,997. Mengacu pada ketentuan pengambilan keputusan uji hipotesis, maka Ho ditolak dan Ha diterima karena t hitung > t tabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model problem based learning terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:07
Last Modified: 08 Jun 2022 03:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46017

Actions (login required)

View Item
View Item